CONTOH LAPORAN HASIL KEGIATAN OBSERVASI KELAS DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
A. Tujuan Observasi
Observasi bertujuan untuk belajar dan mengetahui cara mengajarkan materi
IPS SD kepada siswa secara langsung dalam proses kegiatan belajar mengajar.
B. Pelaksaan Observasi
Tanggal :
Sekolah : SD Negeri
Kelas : 4
Guru :
Jumlah siswa :
Waktu observasi : 09.00 – 10.00
C. Materi Pembelajaran
Standar Kompetensi :
Kompetensi Dasar :
Materi :
D. Kegiatan Pembelajaran
Sebelum
melakukan proses belajar mengajar, guru membuat rpp yang disesuaikan
dengan silabus. Dengan rpp tersebut guru melakukan kegiatan pembelajaran
seperti dibawah ini:
1. Kegiatan Awal
a. Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam
b. Presensi Kehadira siswa
c. Bertanya jawab tentang materi pertemuan sebelumnya.
2. Kegiatan Inti
a. Penyampaian materi oleh guru
b. Tanya jawab mengenai materi yang belum dipahami
c. Mengerjakan soal yang ada dalam LKS
3. Kegiatan Akhir
a. Kesimpulan
b. Menyimak informasi materi pertemuan yang akan datang.
c. Menutup pelajaran dengan doa dan salam.
E. Metode
Metode
yang diterapkan guru adalah ceramah,dan tanya jawab.Guru memilih metode
dengan menyesuaikan materi yang diajarkan. Dengan metode yang
diterapkan oleh guru diharapkan siswa dapat menerima dan mengerti
tentang materi yang diajarkan.
F. Media
Dalam
proses kegiatan belajar mengajar guru menggunakan buku paket,buku
LKS,dan alat peraga yang disesuaikan dengan materi yang diajarkan.
Misalnya alat peraga yang digunakan guru dalam pembelajaran dengan tema
ketertiban yaitu gambar – gambar rambu – rambu lalu lintas dan lain-
lain. Alat peraga tersebut membantu guru dalam mengenalkan berbagai
symbol rambu – rambu lalu lintas pada siswa.
G. Penanaman Nilai
Nilai – nilai yang ditanamkan melalui pembelajaran IPS adalah
a. Keberanian mengeluarkan pendapat/fikiran
b. Menghargai pendapat orang lain
c. Kejujuran
d. Dan lain- lain.
Setiap
melakukan proses belajar mengajar, guru selalu memberikan berbagai
nilai – nilai moral kepada siswanya walaupun secara tersirat.Dengan
adanya penanaman nilai moral yang dilakukan guru, diharapkan siswa dapat
menjadi warga negara yang memiliki moral yang baik,berakhlak mulia dan
berguna bagi bangsanya.
H. Sikap Guru dalam Penyampaian Materi
Dalam
menyampaikan materi IPS guru berbicara dengan suara yang
teratur,maksudnya adakalanya guru berbicara dengan keras tetapi
terkadang guru mengecilkan volume suaranya dengan maksud agar siswa
mencoba memperhatikan apa yang sedang di ucapkan oleh gurunya.. Pada
saat proses kegiatan belajar mengajar tersebut beberapa siswa ada yang
aktif, tetapi ada juga siswa yang pasif hanya mendengarkan penjelasan
dari guru saja.Dalam hal ini tanpa mencoba menilai penampilan
guru,tetapi hanya mengamati saja terlihat kemampuan guru dalam menguasai
materi sudah sangat fasih dalam menjelaskan materi,walaupun dalam
penguasaan kelas agak kurang maksimal.
I. Kesulitan dalam Menyampaikan Materi IPS
Dari
wawancara yang saya lakukan,banyak guru kelas yang merasa kesulitan
dalam mengajar materi IPS karena ada beberapa faktor,misalnya:
1. Kurangnya buku paket IPS dan alat pendukung pembelajaran
2. Sering berubahnya materi IPS sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
3.
Mencari metode pengajaran yang bervariasi sehingga siswa tidak mudah
bosan pada saat berlangsungnya proses kegiatan belajar mengajar IPS
4. Guru belum begitu menguasai pembuatan rpp.
J. Buku Ajar
Guru
menggunakan buku ajar yang sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku
(KTSP). Guru menggunakan buku paket BSE yang berjudul Ilmu Pengetahuan
Sosial Kelas 1. Buku tersebut didapat dari bantuan BOS sekolah. Setiap
proses belajar mengajar, siswa mendapat buku paket setiap dua orang
siswa mendapat satu buku, tapi buku paket tersebut harus dikembalikan
setelah pelajaran selesai. Selain itu, guru memiliki buku pendukung
seperti LKS. Guru menganjurkan setiap siswa memiliki LKS tersebut.
thanks, sangat membantu
BalasHapus